Cara Mudah Mengetahui Mac Address PC Komputer, Laptop, HP Android atau Tablet Cara Mudah Mengetahui Mac Address PC Komputer, Laptop, HP Android atau Tablet - GRIYA BAYAR MOBILE

Cara Mudah Mengetahui Mac Address PC Komputer, Laptop, HP Android atau Tablet

Cara Mudah Mengetahui Mac Address PC Komputer, Laptop, HP Android atau Tablet -Salah satu syarat utama untuk bergabung atau mendaftar Korwil di PPOB Griya Bayar CV. Multi Payment Nusantara yaitu dibutuhkan sebuah Mac Address sebagai identitas atau tanda pengenal unik di perangkat yang Anda gunakan. Jadi, setiap perangkat baik komputer, laptop maupun hp memiliki alamat mac address yang berbeda-beda. 

Bagi Anda yang masih bingung tentang cara mengetahui mac address PC / Komputer, Laptop atau HP dan Tablet silahkan simak ulasan berikut. Namun, sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara mudah mengetahui Mac Addres PC Komputer, Laptop, HP Android atau Tablet Admin akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu mac address.

Pengertian Mac Address

MAC address adalah singkatan dari “Media Access Control”, yang merupakan sebuah identifikasi unik yang dimiliki oleh setiap network card komputer, NIC (Network interface controller) atau WNIC (Wireless network interface controller), atau switch, atau router, atau access point, atau apapun yang mungkin dihubungkan ke jaringan. (Jaringan di sini dalam arti jaringan ethernet yang umumnya dipakai di kantor-kantor/sekolah/rumah).

Setiap perangkat seperti komputer, laptop maupun HP atau tablet memiliki mac addres yang dikeluarkan oleh perusahaan pembuat tentunya dengan mengikuti standard IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) dan digunakan sebagai network address untuk hampir semua teknologi jaringan IEEE 802, termasuk jaringan WiFi dan Ethernet.

Fungsi Mac addres

Fungsi utama mac address yaitu untuk mengidentifikasi atau sebagai pembeda antara perangkat yang satu dengan perangkat yang lainnya.

Cara Mudah Mengetahui Mac Address PC Komputer, Laptop, HP Android atau Tablet

Mengetahui Mac Addres Pada Komputer / PC / Laptop

Berikut ini adalah cara mengetahui mac addres komputer atau laptop yang bersistem operasi Windows 7. Untuk vrsi OS Windows lainnya silahkan disesuaikan karena caranya kurang lebih sama.

#Cara Pertama, Menggunakan Fitur CMD

1. Langkah pertama, silahkan tekan tombol gambar windows + R pada keyboard Anda, kemudian ketik CMD, lalu tekan enter atau klik OK agar jendela CMD terbuka.

tekan tombol gambar windows + R pada keyboard Anda, kemudian ketik CMD, lalu tekan enter agar jendela CMD terbuka

2. Selanjutnya ketikkan perintah ipconfig/all pada CMD kemudian tekan enter

ketikkan perintah ipconfig/all pada CMD kemudian tekan enter

3. Pada tahap ini, semua informasi mengenai jaringan yang Anda gunakan akan muncul di sini. Anda hanya perlu mencari baris Physical Address. Sebagai contoh Physical Address dibawah ini dari wireless adapter perangkat komputer yang kami gunakan.

Physical Address

#Cara Kedua, Menggunakan Aplikasi Cek Mac Addres

1. Langkah pertama silahkan download Aplikasi cek Mac Address, kemudian buka aplikasinya.

Aplikasi Cek Mac Addres
2. Selanjutnya klik tombol My MAC Addresses

klik tombol My MAC Addresses

3. Selanjutnya akan tampil Mac Address PC / Komputer / laptop yang Anda gunakan

contoh Mac Address PC / Komputer / laptop


Mengetahui Mac Address HP Android atau Tablet

Untuk mengetahui mac addres HP Android atau tablet dalam contoh berikut ini Admin menggunakan HP OPPO. Berikut panduannya.
1. Langkah pertama, silahkan buka menu pengaturan HP Anda, kemudian pilih WIFI lalu aktifkan.
2. Kemudian klik Pengaturan Lanjut
Cara Mudah Mengetahui Mac Address HP Android dan tablet

3. Selanjutnya akan muncul Mac Address HP yang Anda gunakan

Cara Mudah Mengetahui Mac Address HP Android dan tablet

Selain cara di atas, Anda juga bisa mengetahui mac Address HP yang Anda gunakan dengan cara berikut.
1. Buka Menu Pengaturan HP
2. Pilih menu Tentang Ponsel
Cara Mudah Mengetahui Mac Address HP Android dan tablet
3. Selanjutnya pilih menu Status

Cara Mudah Mengetahui Mac Address HP Android dan tablet

4. Selanjutnya akan muncul Mac Address HP Android yang Anda gunakan.

Cara Mudah Mengetahui Mac Address HP Android dan tablet

Setelah mengetahui Mac Address PC Komputer, Laptop, HP Android atau Tablet yang Anda gunakan, selanjutnya Anda tinggal memasukkan Mac Addres perangkat Anda pada kolom pendaftaran Korwil PPOB Griya Bayar CV. Multi Payment Nusantara.

Cukup mudah bukan?

Demikianlah informasi seputar Cara Mudah Mengetahui Mac Address PC Komputer, Laptop, HP Android atau Tablet. Semoga bermanfaat !!!

–>