Cara Mempercepat Komputer yang Lambat Cara Mempercepat Komputer yang Lambat - GRIYA BAYAR MOBILE

Cara Mempercepat Komputer yang Lambat

Cara Mempercepat Komputer yang Lambat  - ada berbagai cara yang dapat ditempuh untuk mempercepat komputer yang lambat mulai dari  perangkat keras komputer yang bermasalah, masalah software dan sebagainya. sepanjang pengalaman saya hampir semua komputer / laptop akan mengalami penurunan kualitas kecepatan dibanding saat pertama kali dibeli. hal ini disebabkan oleh berbagai hal, termasuk kesalahan pengguna mau kesalahan lainnya.

Cara Mempercepat Komputer yang Lambat

Berikut beberapa tips cara mempercepat komputer yang lambat hingga bisa kembali "hampir" seperti semula.

1. Disk Defragmenter 

adalah aplikasi komputer bawaan windows yang digunakan untuk merelokasi penempatan file komputer yang berhamburan di dalam hardisk. singkatnya Disk Defragmenter adalah salah satu cara mempercepat komputer yang lambat dengan cara menyusun ulang struktur file pada hardisk.

2. Msconfig

sama dengan Disk Defragmenter, Msconfig adalah salah satu cara mempercepat komputer yang lambat yang bekerja untuk mengatur startup komputer, yaitu pengaturan aplikasi yang diload (diaktifkan) pada saat komputer pertama kali di aktifkan.

3. Disk Cleanup

aplikasi bawaan windows yang berfungsi untuk menghapus temporary file atau file - file sementara pada komputer / laptop. semakin sering komputer digunakan maka akan semakin banyak temporary file yang dihasilkan. ada baiknya sering membersihkan temporary file pada laptop anda.

4. Menghapus aplikasi / program yang tidak penting

Selanjutnya cara mempercepat komputer yang lambat adalah uninstal aplikasi komputer yang sudah tidak digunakan lagi. Terkadang ada aplikasi komputer yang membutuhkan ruang hardik yang besar tetapi sudah / jarang digunakan.

5. Tambahkan RAM (memory) 

Ini terkait dengan perangkat keras komputer, cara instan untuk mempercepat kinerja komputer adalah dengan menambahkan RAM, cara ini terbilang instan tapi membutuhkan biaya tambahan.

6. Hindari Update aplikasi yang tidak perlu

Mengupdate software baik operation sistem maupun software pendukung sangat disarankan. tetapi kadang kala update aplikasi komputer membutuhkan spesifikasi perangkat yang lebih tinggi. dari sebelumnya, contoh windows xp ke windows 7,windows 8, windows 10 atau windows 11. Pastikan anda menggunakan aplikasi komputer yang sesuai dengan kemampuan hardware anda.

Itulah beberapa cara mempercepat komputer yang lambat yang minimal anda harus lakukan untuk memulihkan kinerja komputer atau laptop anda. 

–>